Minggu, 02 Desember 2012

Hidup Tak Semudah Cocotnya..

Kata-kata yang sering terlontar bagi para pemirsa acara motivasi yang sudah frustasi. Frustasi akan kehidupannya dan semua lika-likunya yang ternyata berbeda dengan apa yang sudah diucapkan Sang Motivator. Bagi mereka yang sudah putus asa akan kehidupan yang kejam yang sepertinya tidak akan berubah hanya dengan sebuah motivasi. Kata-kata motivasi bagi sebagian orang memanglah memotivasi, membuat hidup mereka lebih bersemangat kembali apalagi setelah mengalami keterpurukan. Tapi bagi sebagian orang kata-kata motivasi hanyalah sampah, bualan, omong kosong belaka. Kata-kata yang cenderung akan diabaikan begitu saja setelah mulut sang motivator tertutup. Dan biasanya suatu motivasi hanya akan didengar jika yang memberikan orang yang dirasa hebat, orang yang dikagumi, ataupun orang yang dihormati oleh sang pendengar.
Kata-kata pembangkit semangat ini saya rasa akan berguna kepada orang-orang yang mempunyai latar belakang sama. Baik sang motivator atau pendengarnya. Karena jika latar belakang yang dimiliki berbeda sang pendengar setidaknya berfikir, anda tidak pernah mengalami hal yang saya rasakan.
Setiap orang tentunya mengalami hal-hal yang berbeda dengan orang lain dalam hidupnya masing-masing. Cerita kehidupan manusia tidak sepenuhnya akan sama antara satu dengan yang lain. Meskipun sama cara terjadinya, menjalaninya, dan mengatasinya juga akan berbeda. Karena hal yang dimiliki setiap orang, yang ada di dalam setiap masing orang juga berbeda. Cameo-cameo yang ada juga tidak mungkin akan sama. Sangatlah jarang ada 2 orang atau lebih bisa memiliki masalah yang sama dengan latar belakang yang sama, keadaan diri yang sama dan kondisi sekitar yang sama. Karena hal-hal inilah yang dapat mempengaruhi pandangan seseorang tentang bagaimana mengatasi -masalah yang sedang dihadapinya. Pengalaman hidup juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Pengalaman yang banyak tak harus dimiliki oleh orang yang  sudah tua saja. Bolehlah banyak pengalaman karena sudah menjalani banyak tahun dalam kehidupan. Tapi jangan menyepelekan orang muda begitu saja. Karena kebanyakan orang yang sudah mempunyai umur lebih banyak menganggap orang yang umurnya dibawahnya hanyalah hal sepele. Mungkin saja orang muda memiliki pengalaman yang lebih sedikit, tapi mungkin saja wawasannya lebih luas dari umurnya, cara pandangnya yang simpel namun lebih mendetil, dan teknik baru yang lebih fresh daripada orang-orang tua yang kolot, wawasan sempit, cara berpikir rumit nan berantakan.
Seorang motivator seperti si jalan emas hanyalah menyampaikan salah satu solusi apa yang bisa kita lakukan berdasarkan sudut pandang dia dan apa yang pernah dia alami. Dan semua itu dibalut dengan kata-kata yang menyejukan hati kita. Padahal tak selamanya kata-kata manis itu bisa memotivasi, ada juga orang yang merasa termotivasi justru jika dimaki-maki, dibentak-bentak, mungkin juga dikatai dengan yang tidak pantas.
Semua kembali ke diri dan pribadi masing-masing. Toh, si jalan emas juga nggak ngerasain apa yang kita rasain juga kan. Dia juga nggak tahu dengan pasti siapa kita, apa yang kita hadapi, apa yang kita pernah perbuat sebenarnya. So, hidup itu nggak semudah omongannya Pak Botak, Mamah Berjilbab ataupun siapa yang lainnya. Jalani saja hidupmu sendiri, ikuti kata hatimu dan anggap saja omongan mereka itu sebagai wawasan baru sebagai bekal menghadapi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar